Oka Journey – Johan Oka : Traveling, Konten, dan Bisnis

Oka Journey – Johan Oka : Traveling, Konten, dan Bisnis

Johan Oka atau biasa dipanggil dengan kak Oka adalah seorang content creator yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Pria kelahiran 1990 dengan zodiak Taurus ini selain menggeluti dunia content creator, juga menggeluti dunia bisnis. Seperti bisnis minuman cendol di Surabaya dan rujak manis di Bali. Serta, membantu saudaranya untuk berdagang parfum di Yogyakarta. Kegiatan yang padat dan sibuk ternyata tidak menyurutkan niat kak Oka untuk memulai karir sebagai content creator. Berawal dari keisengan mereview hotel pada tahun 2018, berakhir menjadi travel content creator hingga kini. Penasaran buat kenal lebih jauh dengan kak Oka? Yuk disimak sampai habis ya!

Suka dengan Hal – Hal Berbau Jepang

Selain suka traveling, ternyata kak Oka juga suka sama hal  – hal yang berbau Jepang. Eits, bukan berarti kak Oka wibu yaa hehe. Kecintaannya terhadap hal – hal yang berbau Jepang dimulai dari kecintaan terhadap komik Detective Conan dan menonton Anime. Berawal dari sana, mulai tumbuh kecintaan terhadap kebudayaan Jepang. Kemudian, berlanjut mendatangi tempat – tempat wisata di Jepang.

Kak Oka juga ngasi rekomen – rekomen tempat untuk dikunjungi ketika berlibur di Jepang. Seperti Universal Studios Osaka, Tokyo Sky Tree, Tokyo Tower, Akihabara, Shinjuku, Nikko, Shirakawago, Fushimi Inari Taisha Kyoto, Gion Kyoto, Dotonbori Osaka, Danau Fuji Kawaguchiko, dan Takayama. Namun, kak Oka juga pengen nih buat ngunjungin Disneyland Tokyo tapi belum kesampaian saat ini. Tahun depan kalo ada kesempatan kak Oka pengen ngunjungin Disneyland Tokyo.

Berawal dari Review Hotel

Kak Oka mulai buat konten berawal dari keisengan untuk mereview salah satu hotel di Bali ketika berwisata pada tahun 2018. Berkat hal tersebut, ia mulai terjun ke dunia content creator pada tahun 2019 untuk membuat konten dan review hotel di Jepang melalui platform Instagram dan Youtube. Lalu, pada tahun 2021 pasca pandemi COVID-19, memulai kembali untuk membuat review untuk membantu promosi hotel, karena saat itu industri pariwisata juga lagi merosot tajam dampak dari terjadinya pandemi.

Platform yang disukai kak Oka untuk membuat konten adalah Instagram. Karena menurutnya lebih mudah untuk mendapatkan tawaran endorse. Selain itu, ternyata kak Oka tidak memiliki tim khusus untuk pembuatan kontennya! Ia mengakui biasanya bekerja sendirian untuk membuat konten. Terkadang, dibantu oleh temannya untuk merekam, terkadang juga sendirian dengan merekam menggunakan tripod.

Berawal Dari Konten Jadi Keren

Hasil jerih payah membuat konten ternyata mendatangkan penghasilan yang bisa membuat kak Oka mampu mewujudkan mimpi – mimpinya. Ia mengakui berkat penghasilan sebagai content creator, ia mampu membuka banyak bisnis makanan dan minuman. Salah satu bisnisnya ialah Cici Cendol dan Rujak Manis. Untuk pembaca yang kebetulan baca tulisan ini, boleh dong mampir ke warungnya kak Oka hehe. Selain itu, ia juga dapat mewujudkan mimpinya untuk keliling dunia berkat konten yang ia buat.

Pesan Buat Anak Muda dan Motto Hidup

Pesan yang diberikan kak Oka kepada anak muda sekarang agar lebih kreatif dan mengutamakan kejujuran dalam bekerja. Intinya tetap semangat dan jangan mudah menyerah. Kak Oka juga selalu memegang motto hidup ‘Selalu bersyukur dengan apa yang kamu punya saat ini. Selalu semangat dan tidak mudah menyerah demi bisa mencapai impian’.

 

(riz/riy)

Leave a Reply