10 Buku Wajib Baca Teratas di Gramedia – Maret 2024

buku
Foto: Detikcom
FYPMEDIA.ID – Bulan Maret 2024 telah mencatatkan tren baru dalam dunia literasi di Indonesia. Gramedia sebagai salah satu toko buku terkemuka mengungkapkan daftar sepuluh buku terlaris yang menjadi pilihan utama para pembaca. Diversifikasi tema yang mencakup self-improvement, fiksi, komik, hingga panduan praktis, menunjukkan keberagaman minat dan kebutuhan masyarakat akan bahan bacaan. Dari kisah inspiratif dalam mengelola keuangan hingga petualangan seru di dunia fantasi, berikut ini buku-buku yang berhasil menarik perhatian dan menjadi favorit banyak orang.

Rich Dad Poor Dad – Robert T. Kiyosaki

Foto: Gramedia

Robert Kiyosaki mencoba mengajarkan agar cerdas dalam mengelola persoalan finansial. Ia membandingkan pendekatan finansial dua sosok ayah, menyoroti pentingnya literasi finansial dan investasi. Buku ini menjadi klasik dalam literatur keuangan pribadi, memberi inspirasi pada jutaan orang untuk memikirkan kembali hubungan mereka dengan uang. Robert juga menggarisbawahi bahwa orang kaya tidak bekerja hanya untuk uang, melainkan uang yang akan bekerja untuknya.

Atomic Habits: Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa – James Clear

Foto: Gramedia

James Clear tahu bahwa tiap perbaikan kecil akan menghasilkan perubahan nyata yang berasal dari efek gabungan ratusan bahkan ribuan keputusan kecil. Ia menamakan perubahan kecil yang membawa pengaruh yang luar biasa dengan nama atomic habits. Clear menyajikan kerangka kerja yang praktis untuk membangun kebiasaan baik dan memecah kebiasaan buruk. Hal tersebut menekankan kebiasaan sehari-hari berkontribusi pada kesuksesan jangka panjang dan kepuasan pribadi.

One Piece 105 – Eiichiro Oda

Foto: Gramedia

Oda terus mengembangkan dunia One Piece dengan cerita yang kompleks dan karakter yang menarik sehingga menjadikan salah satu seri manga paling populer di dunia. Penggemar menantikan untuk melihat petualangan Luffy dan krunya berlanjut. Luffy menjadi Yonko yang baru. Di tengah-tengah situasi dunia yang berubah sangat cepat bersamaan dengan datangnya zaman baru, Kelompok Topi Jerami pun meninggalkan Negara Wano.

Laut Bercerita – Leila S. Chudori

Foto: Gramedia

Novel ini menggali luka masa lalu Indonesia melalui narasi yang penuh emosi. Leila S. Chudori mampu memadukan fakta sejarah dan fiksi untuk memberikan pandangan yang mendalam tentang dampak politik di kehidupan orang-orang biasa dan juga menceritakan terkait perilaku kekejaman dan kebengisan yang dirasakan oleh kelompok aktivis mahasiswa di masa Orde Baru. Tidak hanya itu, novel Laut Bercerita merenungkan kembali akan hilangnya 13 aktivis, bahkan sampai saat ini belum juga ada yang mendapatkan petunjuknya.

Bicara Itu Ada Seninya – Oh Su Hyang

Foto: Gramedia

Melalui pendekatan yang informatif dan praktis, buku ini berusaha memperkaya keterampilan komunikasi pembaca, menjadikannya sumber daya yang berharga bagi siapa saja yang ingin meningkatkan kemampuan berbicara, dan negosiasi mereka.

Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat – Mark Manson

Foto: Gramedia

Dengan gaya bahasa yang lugas dan langsung, Manson menantang pembaca untuk memilih apa yang mereka pedulikan dengan bijak, menawarkan pandangan kontraintuitif tentang menghadapi tantangan hidup. Edisi handy ini hadir dengan sampul yang ringan dan kemasan yang lebih dinamis, serta enak digenggam. Akan memudahkanmu untuk membawanya dalam perjalanan. Kamu bisa leluasa untuk membacanya di taman, cafe, stasiun, atau di tempat umum lainnya.

Mommyclopedia: 99+ Resep Mpasi – dr. Meta Hanindita, Sp.A

Foto: Gramedia

Buku ini dirancang untuk membantu orang tua baru dalam menyediakan makanan sehat yang sesuai untuk pertumbuhan bayi. Selain itu, menjadikan transisi ke makanan padat menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Terdiri atas 99 lebih resep MPASI (Makanan Pendamping ASI) yang dibagi menjadi 3 bagian menurut kelompok usia (berdasarkan bulan). Masing-masing bagiannya terdiri atas makanan utama dan camilan dengan memakai bahan-bahan yang bergizi.

Think and Grow Rich – Napoleon Hill

Foto: Gramedia

Dengan menggali prinsip-prinsip kesuksesan yang timeless, Hill menawarkan panduan langkah demi langkah untuk mencapai kemakmuran finansial dan pribadi sehingga membuatnya relevan sampai hari ini. Arthur R. Pell, Ph.D., pakar penerapan filosofi Hill, menyisipkan berbagai anekdot tentang cara para jutawan dan miliarder, seperti Bill Gates, Mary Kay Ash, Dave Thomas, dan Sir John Templeton, meraih kekayaan mereka.

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba 17 – Koyoharu Gotouge

Foto: Gramedia

Pasukan Kisatsutai menyerbu “Kastil Tanpa Batas” untuk mengalahkan Muzan. Shinobu harus menjalani pertarungan yang alot dan merugikan, melawan Jyogen no Ni Doma. Apakah di akhir dia berhasil membalaskan dendam sang kakak?

Cerita ini memadukan aksi yang menegangkan dengan emosi yang mendalam, menggali tema pengorbanan, kekuatan, dan keluarga, yang membuatnya menjadi salah satu manga dan anime paling dicintai saat ini.

Start With Why – Simon Sinek

Foto: Gramedia

Dengan menggunakan kisah Martin Luther King, Jr., Steve Jobs, hingga Wright Brothers, Sinek menunjukkan bahwa para pemimpin berpikir, bertindak dan berkomunikasi dengan cara persis sama, dan hal itulah sangat berlawanan dari apa yang dilakukan orang lain.

Kesepuluh buku yang menjadi best-seller di Gramedia selama Maret 2024 menawarkan wawasan dan hiburan yang beragam sehingga mencerminkan kecenderungan dan minat pembaca masa kini. Dari menggali potensi diri hingga terhanyut dalam narasi epik dan realitas sosial. Setiap buku menawarkan perjalanan uniknya sendiri. Kepopuleran buku-buku ini tidak hanya menandakan keberhasilan penulis dalam menjangkau audiensnya, tetapi juga menegaskan pentingnya membaca dalam kehidupan sehari-hari. Seiring berjalannya waktu, akan menarik untuk melihat tren bacaan ini terus berkembang dan memengaruhi masyarakat pembaca di Indonesia.

 

Comments are closed.