UMKM Indonesia Semakin Maju Karena TikTok dan Go-To?!

UMKM Indonesia Semakin Maju Karena TikTok dan Go-To?!

FYPMEDIA.ID – Belakangan ini, TikTok shop kembali menjadi perbincangan warganet karena kembali hadir melengkapi online shop yang di kombinasikan dengan di bawah PT Tokopedia. Selain itu, TikTok berkomitmen investasi jangka panjang senilai lebih dari US$1,5 miliar di PT Tokopedia. Tentu sangat fantastis!

Dengan adanya kesepakatan ini, TikTok dan GoTo tentu saja dapat memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia. Pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah dikombinasikan dengan TikTok Shop Indonesia ini akan membawa keuntungan bagi GoTo, yang akan tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia, termasuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek.

Nantinya, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen memberikan manfaat lebih luas bagi para pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce, dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang. Dengan penggabungan kedua bisnis tersebut, lebih dari 90% merchant merupakan pelaku UMKM.

Pelaku UMKM akan mendapat dukungan dari program TikTok dan Tokopedia, seperti:

  1. Promosi produk-produk Indonesia pada platform Tokopedia dan TikTok;
  2. Huluisasi UMKM – mendorong peningkatan kapasitas dan kompetensi pelaku UMKM Indonesia melalui program komprehensif yang mendorong pengembangan keahlian dan akses sumberdaya mulai dari hulu (tahap produksi) sampai ke hilir (penjualan)
  3. Dukungan pemasaran, branding dan praktik bisnis berkelanjutan bagi pedagang
  4. Mendukung pelaku usaha lokal untuk mempromosikan produknya di pasar internasional;
  5. Membuka pusat pengembangan talenta digital di berbagai tempat di Indonesia; dan
  6. Memastikan lokapasar yang memungkinkan persaingan secara wajar.

Tentunya, ini akan menjadi suatu hal yang baik bagi UMKM di Indonesia.

Comments are closed.