Perbedaan SPF 30 dan SPF 50, Mana yang Aman Digunakan?

Perbedaan SPF 30 dan SPF 50, Mana yang Aman Digunakan?

FYPMedia.id – Sunscreen adalah sebuah produk kosmetik yang berfungsi sebagai perawatan kulit dari paparan sinar matahari. Ini dikarenakan kulit harus terlindungi dari paparan sinar matahari atau UV karena akan menghasilkan efek buruk jika tidak terlindungi. Seperti sunburn, wrinkle, hingga kanker untuk efek jangka panjangnya. Produk sunscreen lazim digunakan oleh banyak orang, salah satunya di Indonesia, karena paparan sinar matahari di Indonesia yang begitu tinggi serta berada di negara tropis. Apalagi saat ini paparan terik matahari di Indonesia sedang tinggi – tingginya. Disarankan menggunakan tabir surya saat beraktivitas di dalam ruangan maupun luar ruangan.

Namun, masih banyak orang yang awam mengenai SPF dan perbedaan SPF 30 dan SPF 50. SPF merupakan akronim dari kata Sun Protection Factor, yang berfungsi sebagai perlindungan pada kulit dari sinar UVB. Sunscreen biasanya mengandung Protection Grade of UVA atau PA untuk melindungi kulit dari sinar UVA yang menyebabkan penuaan dini. Penulisan SPF biasanya diikuti dengan angka yang merupakan tingkatan dari perlindungan yang diberikan. Semakin besar angka yang diberikan, maka akan semakin besar pula perlindungan yang diberikan terhadap sinar UVB.

Angka yang diberikan untuk perlindungan dari paparan sinar UVB pada SPF 30 sebesar 97 persen saja. Sedangkan, pada SPF 50 perlindungan yang diberikan hingga 98 persen jumlahnya. Sunscreen dengan SPF 50 artinya memberikan perlindungan sebesar 50 kali daripada tidak menggunakan produk tabir surya. Sementara itu, rekomendasi jumlah SPF yang terkandung dalam sunscreen minimal 30 dengan PA plus 3. Untuk kulit orang Indonesia, penggunaan minimal SPF 30 saja sudah cukup. Ini dikarenakan kulit orang Indonesia yang rata – rata berkulit sawo matang, jadi tidak memerlukan SPF yang terlalu tinggi. Jika kulit semakin terang, maka SPF yang disarankan untuk dipakai semakin tinggi.

Namun, penggunaan sunscreen secara berlebihan juga tidak baik. Penggunaan yang berlebihan akan menyebabkan timbulnya jerawat pada kulit wajah hingga kulit berminyak. Serta masalah lainnya pada kulit. Disarankan menggunakan sunscreen seperlunya dan secukupnya saja agar menghasilkan efek baik dari penggunaan produk ini.

(riz/riy)

 

 

 

Leave a Reply