Expert Talk: How to Lead People and Be Strategic Leader

talk

FYPMEDIA.ID – Di era globalisasi dan teknologi yang semakin berkembang pesat, kemampuan untuk memimpin dan menjadi pemimpin strategis menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam berbagai organisasi. Kepemimpinan yang efektif tidak hanya melibatkan kemampuan untuk mengarahkan dan menginspirasi tim, tetapi membutuhkan pemahaman mendalam tentang strategi organisasi, analisis situasi, serta pengambilan keputusan yang tepat waktu dan tepat sasaran.

Saat ini, banyak organisasi menghadapi tantangan yang kompleks dan dinamis, baik dari segi perubahan teknologi maupun dinamika sosial dan politik. Oleh karena itu, pemimpin dituntut untuk memiliki keterampilan yang komprehensif dan adaptif. Mereka harus mampu merumuskan visi yang jelas, mengembangkan strategi yang efektif, serta memotivasi dan memberdayakan tim mereka untuk mencapai tujuan organisasi.

Untuk meningkatkan kemampuan leadership para pemuda, Youth Rangers Indonesia (YRI) Yogyakarta memiliki tujuan besar untuk memberikan wadah bagi rangers Yogyakarta untuk mampu menggali potensi, minat, dan bakat secara positif. Oleh karena itu, salah satu program YRI Yogyakarta adalah mengadakan Expert Talk series 1: How to Lead People and Be Strategic Leader yang berkolaborasi dengan Tim FYP Media Yogyakarta. Tema yang diangkat bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan praktis menjadi pemimpin yang efektif dan strategis. 

Kegiatan dilaksanakan secara online melalui platform Zoom Cloud Meeting yang terdiri dari dua sesi. Sesi pertama, webinar bersama dua narasumber inspiratif, yaitu David Wijaya (Founder Youth Ranger Indonesia, FYP Media, dan Agency komisaris Finplan.id) dan narasumber kedua, yaitu Hendarsyah Aditya S  (Business Ecosystem External Lead NSEI Part of Paragon Corp). Kegiatan ini dikemas secara interaktif oleh acara bersama MC dan Moderator dengan menyajikan sesi Q&A, ice breaking dan ditutup dokumentasi.

Sesi kedua, challenge bersama peserta webinar. Peserta webinar diberikan challenge membuat sebuah action terkait leadership dengan mini story atau diposting di media sosial masing-masing. Lalu, akan dipilih 2-3 orang dengan leadership action terbaik yang akan berkesempatan menjadi peserta fasilitator dalam event offline selanjutnya. Kegiatan ini dihadiri sekitar 150 pemuda dari berbagai daerah di Indonesia yang tidak hanya berasal dari anggota Youth Rangers Indonesia regional Yogyakarta, melainkan pelajar, mahasiswa, serta masyarakat umum yang tertarik untuk meningkatkan skill leadership.

Leader YRI Yogyakarta, Ketut Krisna Yoga Prawira merasa bangga dan bersyukur atas suksesnya kegiatan ini dan berharap dapat memberikan dampak yang positif. “Terima kasih kepada panitia, narasumber, peserta yang telah berpartisipasi, dan pihak yang terkait yang telah ikut menyukseskan kegiatan ini”, ujar Yoga. Zahra Widiani selaku Co Leader YRI Yogyakarta berharap YRI Yogyakarta dapat terus berkomitmen untuk memberikan impact yang baik bagi pemuda agar bisa menggali dan memaksimalkan potensi diri. Selain itu, kedua narasumber memberikan ulasan positif tentang webinar yang diselenggarakan oleh YRI Yogyakarta. Mereka memuji antusiasme dan partisipasi para peserta, serta format acara yang kreatif dan bermanfaat.

Pesan dari Lead of Public Relation, Ridho Pardosi, mengatakan “Senang sekali bisa menjalankan event yang super seru dan menarik ini karena dapat memberikan manfaat yang luar biasa tidak hanya kepada peserta tapi kepada seluruh panitia. Jujur, kolaborasi antara YRI Yogyakarta dengan fyp media Yogyakarta ini menjadi acara yang sangat positif dan berdampak bagi semua orang. Terima kasih kepada seluruh panitia yang telah berkontribusi dalam mensukseskan acara ini. Harapannya, acara ini dapat menjadi cikal bakal acara selanjutnya yang lebih sukses lagi dan berkelanjutan bagi para pemuda Indonesia. Para peserta juga sangat antusias dan memberikan kesan yang baik untuk kegiatan ini.

Alya Ragiliah, salah satu peserta, mengatakan “Kegiatan ini sudah sangat bagus karena webinarnya yang tidak bertele-tele dan materinya mudah dipahami.” 

Kegiatan ini dapat membantu memberikan pemahaman, keterampilan praktis menjadi pemimpin yang efektif dan strategis, meningkatkan kapasitas kepemimpinan mereka, siap menghadapi tantangan yang ada, dan mampu membawa organisasi mereka menuju kesuksesan yang berkelanjutan. Selain itu, menyadarkan kepada para calon pemimpin masa depan betapa pentingnya menjadi seorang leader tidak hanya menjadi seorang yang dapat memimpin orang lain,  tetapi dapat menjadi pemimpin yang baik untuk diri sendiri.

Comments are closed.