Tragis, Ribuan Penguin Mati Akibat Mencairnya Es di Kutub

Tragis, Ribuan Penguin Mati Akibat Mencairnya Es di Kutub

FYPMedia.id – Keadaan populasi penguin saat ini tengah mengkhawatirkan. Hal ini disebabkan oleh es di kutub mencair dan pecah. Seperti dikutip dari BBC pada Rabu (18/10), habitat penguin merupakan hamparan es. Persoalannya adalah bulu halus anak penguin tidak tahan dengan air. Maka dari itu, ketika es mulai mencair, mereka harus mencari habitat baru untuk bernaung. Jika mereka gagal mencari habitat baru, maka para anak – anak penguin akan mati. Kematian anak – anak penguin jenis penguin kaisar yang sangat parah pernah ditemukan di Antartika pada tahun 2022. Kawasan tersebut tepatnya berada di sebelah barat benua di kawasan yang menghadap ke Laut Bellingshausen. Perkiraan kematian anak – anak penguin tersebut mencapai angka 10.000 ekor. Kejadian ini terekam oleh satelit dan diperkirakan kematian tersebut imbas dari es yang mencair saat anak – anak penguin tersebut mengembangkan bulu tahan air yang diperlukan untuk berenang di laut.

Jika es terus mencair dan pecah, maka diperkirakan lebih dari 90 persen koloni penguin kaisar akan punah pada akhir abad ini. Kematian anak – anak penguin kaisar ini dikaitkan dengan pemanasan global yang terus berlanjut. Menurut Dr. Peter Fretwell dari British Antarctic Survey (BAS) hal ini disebabkan oleh bergantungnya penguin kaisar pada es laut untuk siklus pengembangbiakan mereka. Ini merupakan tempat yang stabil bagi mereka untuk mengembangbiakan anak – anak mereka. Namun, jika es terus mengalami pecah dan tidak seluas dari yang seharusnya, maka penguin – penguin tersebut berada dalam masalah.

Sebelumnya, koloni penguin kaisar mengalami kematian terbesar mereka pada akhir tahun 2022. Para ilmuwan mengaitkan selalu kejadian ini dengan isu pemanasan global yang masih terus berlangsung. Mereka juga meminta masyarakat untuk mengurangi emisi karbon yang dapat memicu pemanasan global. Ini dilakukan agar bongkahan es yang ada di kutub tidak mencair dan ekosistem kehidupan penguin – penguin tersebut dapat diselamatkan. Jika tidak diindahkan, maka penguin – penguin tersebut akan berada di ambang kepunahan. Bukan tidak mungkin di masa yang akan datang penguin akan benar – benar punah jika manusia sendiri tidak mampu menjaga habitat mereka.

(riz/riy)

Leave a Reply