Tips Menjaga Tubuh Tetap Fit di Tengah Kesibukan

Tips Menjaga Tubuh Tetap Fit di Tengah Kesibukan

Menjaga kesehatan tubuh bukan berarti harus selalu mahal, cara menjaga kesehatan tubuh yang tepat pada dasarnya berfokus pada memberikan tubuh dengan apa yang sejatinya dibutuhkan dan menghindarkannya dari hal-hal yang berisiko merusak fungsinya. Tubuh yang fit dapat membuat kita melakukan kegiatan sehari-hari dengan penuh semangat.

 

Setelah menyelesaikan seluruh kegiatan, tubuh masih memiliki tenaga cadangan untuk menikmati waktu senggang, dan siap untuk melakukan hal-hal yang bersifat spontan.Dilansir dari halodoc menjaga tubuh tetap fit merupakan gaya hidup yang seharusnya dilakukan setiap hari. Caranya dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini:

1.Mencukupi Kebutuhan Tidur

Mencukupi waktu tidur menjadi langkah pertama dalam menjaga tubuh tetap fit. Jika waktu tidur tidak cukup, hal tersebut dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental. Waktu tidur yang cukup mampu menyembuhkan, memperbaiki, dan menjaga kesehatan tubuh dan seluruh organ di dalamnya.

2. Rutin Berolahraga

Selain meningkatkan kebugaran tubuh, rutin berolahraga dapat mengurangi risiko cedera akibat beraktivitas karena peningkatan fleksibilitas sendi. Cara yang satu ini juga dapat memperkuat organ jantung dan paru-paru.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat bergizi seimbang yang dapat menjaga tubuh tetap fit, termasuk buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Kita juga dapat menyertakan sumber protein tanpa lemak, seperti ayam, ikan, tahu, dan kacang-kacangan. Konsumsi makanan sehat bergizi seimbang, dan kurangi makanan atau minuman dengan pemanis buatan.

4. Jangan Lewatkan Waktu Sarapan

Tips menjaga tubuh tetap fit selanjutnya dilakukan dengan tidak melewatkan waktu sarapan. Sarapan ibarat bahan bakar untuk menjalankan aktivitas harian. Selain itu, sarapan membuat kita lebih fokus dan produktif dalam mengerjakan pekerjaan. Jika melewatkannya, tubuh terasa lemas dan daya pikir bisa saja menurun.

5. Konsumsi Banyak Air Putih

Mengonsumsi banyak air putih membuat tubuh tetap terhidrasi. Hal tersebut dapat menunjang metabolisme, sehingga kesehatan tubuh pun dapat terjaga. Air putih berperan sebagai pembersih alami tubuh, termasuk sistem pencernaan. Dengan air, racun di dalam tubuh dikeluarkan dalam bentuk keringat dan urine.

6. Kelola Stres dengan Baik

Stress menjadi pemicu dari segudang masalah masalah kesehatan, mulai dari gangguan pencernaan hingga penyakit pada jantung. Untuk mengelola stres, kita  dapat bermeditasi atau melakukan hal-hal yang disukai untuk membantu mengurangi dampak dari stres.

7. Konsumsi Suplemen atau Multivitamin

Saat tubuh kurang fit, mungkin penyebabnya adalah stres, kurang tidur, atau asupan nutrisi tidak seimbang. Jika kesehatan tubuh menurun,  otomatis akan mudah terserang penyakit. Untuk mencegah hal tersebut, perlu meningkatkan sistem imun tubuh dengan mengonsumsi suplemen atau multivitamin yang diperlukan, Zinc, selenium, magnesium, dan vitamin C, A, B, serta E menjadi asupan yang dibutuhkan tubuh guna menjaga tubuh tetap fit.

Comments are closed.