Mengenal Lebih Dekat Dengan Mas Jawa: Wafa Soedjono! #TapKalem

Mengenal Lebih Dekat Dengan Mas Jawa: Wafa Soedjono! #TapKalem

FYPMEDIA.ID – Halo sobat FYP! Perkenalkan, Mas Jawa ini namanya Wafa Soedjono, atau bisa disapa dengan Paw-paw. Lelaki kelahiran 31 Oktober 2001 banyak dikenal orang dengan konten Tiktok yang mengenalkan budaya Jawa. Kak Wafa pernah menempati bangku sekolah di SMAN 1 Gebog, Kudus, Jawa Tengah. Kemudian, melanjutkan pendidikan di Politeknik Negeri Jakarta dengan Program Studi Manajemen Keuangan. Saat ini, Kak Wafa bekerja dan menetap di Pulau Dewata, Bali.

Kak Wafa asli kelahiran Kudus, Jawa Tengah ini menempati posisi anak tengah dari ketiga bersaudara. Siapa sangka bahwa selama ini yang membuat ia semangat untuk menjadi seorang konten kreator adalah kakaknya sendiri?

Berawal dari pandemi covid di tahun 2020,  semua kegiatan beralih menjadi online. Dari situ lah kak Wafa mulai tertarik dengan sosial media, terutama Tiktok.  Bermula dengan mengisi kekosongan kegiatan disaat jam perkuliahan. Hingga pada akhirnya, disadarkan oleh kakaknya, yaitu Hafiel Soedjono, dengan lantangnya menyadarkan “Kamu mau sampe kapan Cuma mau nonton dan gak buat? Kamu besok mau jadi apa kalau kerjaannya Cuma nonton video dan ga ngapa-ngapain?”

Agak merasa tertampar dengan ucapan sang kakak, pada akhir September 2020 menjadi langkah awal Kak Wafa untuk membuat konten di Tiktok. Tagline yang biasa digunakan yaitu #TapKalem. Maksudnya, walaupun kita berbeda pendapat, suku, agama kita harus tetap kalem dan santai, saling menghargai perbedaan. Kenapa demikian? Salah satu perbedaan bagi Kak Wafa yaitu, sang Ibu yang berasal Sunda dan sang Ayah berasal dari Kudus, Jawa Tengah. Walaupun berbeda suku, tetapi keluarga tetap kompak dan saling support, lho!

Memiliki pengalaman di Teater semasa SMA, menjadi alasan Kak Wafa untuk tampil percaya diri di depan kamera. Selain itu, Kak Wafa sangat gemar olahraga, salah satunya bersepeda. Alasan Kak Wafa untuk memutuskan menjadi konten kreator karena ia ingin mengekspresikan hal yang ia suka dan bermanfaat untuk banyak orang.

Konten yang disuguhkan oleh Kak Wafa termasuk kategori edukasi dan life style. Disana, sobat FYP bisa mempelajari adat dan budaya Jawa yang belum kamu ketahui, lho!

Karena saat ini Kak Wafa memiliki kesibukan dengan pekerjaannya, Kak Wafa juga memiliki to the list untuk membagi waktunya agar tetap konsisten dengan membuat konten dan membuat skala prioritas kegiatannya.  Biasanya di hari Weekend atau Sabtu dan Minggu jadwal membuat konten.  Hal yang harus dipersiapkan dalam membuat konten tentu saja membutuhkan riset data dan menentukan topik yang ingin di sampaikan dari beberapa sumber, membuat konsep alur dan bagaimana caranya untuk menyampaikan pesan itu serta waktu untuk shoot, background, dan pengambilan gambarnya.

Saat ini, rumah tetap menjadi spot favorit Kak Wafa untuk membuat konten. Karena rumah menjadi tempat pulang dan istirahat yang terbaik dan keluarga dibelakangnya yang selalu ada untuk menemani berproses.

Namun, ada hal yang paling berkesan bagi Kak Wafa, yaitu dari sekian banyaknya konten yang Kak Wafa suguhkan di media sosial, ternyata pernah dijadikan sebuah penelitian dari Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta, lho! Tentu saja, moment ini menjadi pengalaman yang sangat luar biasa bagi Kak Wafa. Ya, karena harapannya menjadi bermanfaat untuk bagi orang. Selain itu, Kak Wafa turut andil dalam penelitiannya.

Penting untuk diingat bahwa menjadi konten kreator adalah perjalanan yang unik bagi setiap individu, dan perasaan yang muncul selama perjalanan ini bisa berubah seiring waktu. Yang terpenting adalah menjaga semangat dan komitmen terhadap konten yang mereka ciptakan dan selalu memiliki aspek kreatif.

Untuk menjadi sukses sebagai konten kreator, seseorang perlu memiliki keterampilan dalam menciptakan konten yang menarik, memahami audiens sesuai dengan targetnya dan konsisten dalam memproduksi konten berkualitas. Selain itu, konten kreator juga perlu memahami platform yang mereka gunakan dan terus mengikuti perkembangan trend dan algoritma.

Gimana, Mas paw-paw sudah termasuk Mas Jawa Idaman kalian belum, sobat FYP?

Untuk kenal lebih dekat, kalian bisa mengunjungi jejak digital Kak paw-paw di laman Instagramnya @wafawss dan akun Tiktok @wafasoedjono

Comments are closed.