Korea Selatan Desak Rusia Menerapkan Sanksi terhadap Korea Utara

Korea Selatan Desak Rusia Menerapkan Sanksi terhadap Korea Utara
Sumber Foto : tempo.co

Penulis : Muhammad Yanda

FYPMEDIA.IDPejabat senior Korea Selatan mendesak Rusia untuk membantu menjatuhkan sanksi baru terhadap Korea Utara terkait peluncuran satelit mata-mata baru-baru ini. Menteri Unifikasi Korea Selatan, Kim Yung-ho, juga meminta Rusia untuk menegakkan larangan ekspor tenaga kerja dari Korea Utara.

Menteri Kim mengungkapkan bahwa peluncuran satelit bulan lalu oleh Korea Utara melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB yang melarang penggunaan teknologi balistik. Namun, Rusia dinilai sangat pasif dalam memberikan sanksi lebih lanjut kepada Korea Utara. Menurutnya, ada “tanda-tanda jelas” kerja sama militer antara Pyongyang dan Moskow, dan Korea Selatan saat ini sedang menyelidiki apakah Rusia menerima lebih banyak pekerja dari Korea Utara yang melanggar resolusi PBB.

Sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB, Rusia memiliki tanggung jawab untuk menerapkan resolusi sanksi dengan setia, ungkap Menteri Kim dalam konferensi pers. Dia menekankan bahwa kerja sama dari Rusia sangat diperlukan dalam menekan Korea Utara untuk menghentikan pelanggaran resolusi internasional.

Selain itu, Menteri Kim juga meminta Cina untuk memainkan peran yang lebih aktif dalam memberikan sanksi kepada Korea Utara terkait pengembangan senjatanya. Dia juga mengimbau Cina untuk mematuhi norma-norma internasional dan tidak melakukan repatriasi paksa terhadap pembelot Korea Utara.

Dalam beberapa bulan terakhir, terjadi peningkatan penampilan publik putri pemimpin Korea Utara, Kim Ju Ae. Sejak debutnya pada November 2022, Kim Ju Ae telah tampil di media pemerintah sebanyak 19 kali, sebagian besar menemani ayahnya dalam acara-acara militer. Menteri Kim menyatakan bahwa penampilan publik yang sering dan tingkat protokol yang tinggi mungkin merupakan langkah awal untuk mempersiapkan suksesi di masa depan.

Korea Selatan dan negara-negara lainnya terus memantau perkembangan di Korea Utara dan berusaha untuk memastikan kepatuhan terhadap resolusi internasional. Dalam upaya untuk menjaga stabilitas dan keamanan di kawasan, Korea Selatan berharap agar Rusia dan Cina dapat bekerja sama dalam memberlakukan sanksi yang efektif terhadap Korea Utara.

 

Klik Disini Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Dan Terlengkap lainnya

Leave a Reply