Intip Pura Mangkunegaran, Tempat Cantik di Kota Solo!

Intip Pura Mangkunegaran, Tempat Cantik di Kota Solo!

Belakangan ini, Pura Mangkunegaran banyak di sorot di kalangan media sosial. Pasalnya, tempat berserajah yang menjadi tempat tinggal Adipati Mangkunegara dinilai sangat indah dan instagramable.

Kemegahan Pura Mangkunegaran menjadi daya tarik tersendiri tidak hanya bagi wisatawan Nusantara saja, tapi juga wisatawan mancanegara. Pura ini bahkan digunakan oleh Kaesang dan Erina sebagai tempat resepsi pernikahan pada tahun 2022 silam. Lokasi ini terletak di tengah Kota Solo, tepatnya di Jl. Ronggowarsito, Dusun Keraton, Desa Keraton, Kecamatan Keraton, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Pura Mangkunegaran bisa disebut tempat bersejarah di Indonesia karena dibangun tahun 1757 oleh Raden Mas Said alias Pangeran Samber Nyawa.

Kesepakatan pembangunan itu setelag penandatanganan Perundingan Salatiga pada tanggal 17 Maret 1757 yang dilakukan antara Sunan Pakubuwana III dengan Raden Mas Said. Pada saat itu disaksikan oleh perwakilan Sultan Hamengkubuwana I dan VOC. Melalui Perjanjian Salatiga, Raden Mas Said atau Pangeran Sambernyawa kemudian dinobatkan menjadi Adipati Mangkunegara I yang wilayah kekuasaannya disebut Kadipaten Mangkunegaran.

Selain itu, Pura Mangkunegaran sebagai destinasi terbaik di Kota Solo. Tiket masuk yang di tawarkan cukup terjangkau, sebesar Rp. 20.000 untuk wisatawan lokal, dan Rp. 40.000 untuk wisatawan non lokal. Pengunjung bisa berkeliling area kediaman raja tersebut, dan juga masuk ke museum Mangkunegaran yang berisi pusaka-pusaka milik Mangkunegaran.

Di belakang pamedan ada pintu gerbang menuju halaman kedua, kamu akan langsung disambut dengan Pendopo Ageng menyerupai Joglo namun mengusung arsitektur Jawa-Eropa. Pendopo ini seringkali dipakai sebagai tempat pertunjukan wayang dan tari dengan diiringi musik gamelan.

Bagian timur pendopo ada sebuah Perpustakaan Reksa Pustaka dan dibangun oleh Raja Mangkunegara IV. Perpustakaan berada di lantai dua Hamongpraja, bangunan ini seringkali dipakai sebagai kantor kerumah tanggaan yang mengurus istana.

Sedangkan, di utara pendopo ada peringgitan, yang merupakan Dalem Agung atau tempat tinggal miliki keluarga Mangkunegaran dulunya. Sekarang Dalem Agung beralihfungsi menjadi museum, tempat di pajangnya beragam benda seni, pakaian, perhiasan, senjata, serta potrer penguasa Mangkunegaran dari masa ke masa.

Gimana? Kamu sudah pernah berkunjung kesini?

Comments are closed.