FYPMEDIA.ID – Dilansir dari rri.co.id (4/1) Generasi muda, yakni millenial dan Gen Z dinilai berperanan besar dalam mengembangkan startup (perusahaan rintisan digital) di Indonesia. Asisten Deputi Bidang Pembiayaan Wirausaha Kemenkop UKM Edhi Kusdiyarwoko Dwikencono menyampaikan penilaian tersebut.
Menurutnya, inovasi dan kreativitas perusahaan startup berkat kreasi tangan-tangan generasi milenial dan Gen Z. Generasi milenial dan Gen Z mampu beradaptasi cepat, dalam persoalan ekonomi di era digital saat ini.
“Itu menyebabkan perekonomian kita cepat untuk tumbuh. Sehingga daya saing kita dari sisi ekonomi dalam persaingan global ikut naik,” katanya kepada Pro3 RRI, Kamis (4/1/2024).
Imbas dari pertumbuhan ekonomi dari startup itu, disebutkan Edhi, dapat mendatangkan banyak investasi. Para investor dari luar negeri pun akan berdatangan, bukan hanya investor dalam negeri.
“Soal investasi, ternyata investasi di sini karena startup menjadi sesuatu yang menjanjikan. Menurut investor dari luar itu juga banyak, sehingga banyak investor baik lokal maupun internasional masuk,” ucap Edhi.
Pada tahun 2023, perusahaan startup Indonesia berada diperingkat keenam dunia. Negara paling banyak memiliki perusahaan startup adalah Amerika Serikat.