Eksotisnya Pulau Berhala di Serdang Bedagai Sumatera Utara

Eksotisnya Pulau Berhala di Serdang Bedagai Sumatera Utara
Sumber Gambar : Bing

FYPMedia.id – Nama pulau yang satu ini mungkin terdengar tidak asing bagi orang – orang yang suka berwisata bahari. Pulau Berhala merupakan salah satu pulau terluar yang berada di Selat Malaka. Secara administratif, pulau ini masuk ke dalam wilayah Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara. Mungkin beberapa orang ada yang mengenal pulau Berhala merupakan wilayah administratif Provinsi Jambi. Kali ini kita akan menjelajahi Pulau Berhala yang berada di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara. Karena letak pulaunya yang berbatasan dengan negara Malaysia, pulau ini dijaga oleh TNI.

Jarak yang dapat ditempuh untuk mencapai pulau ini jika anda berasal dari kota Medan hanya berjarak 100 kilometer. Sedangkan, luas pulau ini adalah sebesar 2,5km persegi. Wisatawan dapat mendatangi pulau ini dengan menggunakan perahu ataupun kapal dari Pantai Cermin, Serdang Bedagai dan Tanjung Tiram, Batubara. Selain itu, dapat juga dijangkau melalui kapal motor dari Belawan, Medan  dengan jarak ±2,5 jam. Ketika wisatawan tiba di Pulau Berhala, mereka akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan lautan nan luas dan indah. Memiliki topografi bergunung dengan hutan lebat dan pantai pasir putih, membuat wisatawan betah berada di pulau ini. Pulau ini juga dikenal sebagai rumah bagi penyu untuk bertelur. Jika anda snorkeling di pulau ini, anda akan menemukan banyak terumbu karang di dalamnya.

Sejarah dari pulau ini seperti dikutip dari tempat.me pada Jumat (17/11), nama Berhala diambil dari seorang Bangsawan Turki yang diperkirakan pertama kali menginjakkan kaki di pulau ini. Nama bangsawan tersebut adalah Akhmad Barus II yang kemudian dikenal dengan nama Datuk Paduko Berhalo. Tertulis pada papan plang sejarah pulau ini, awalnya Akhmad Barus yang merupakan seorang putra dari Bangsawan Turki. Ia diduga kuat ingin menyebarkan ajaran Islam sembari berdagang, namun terdampar di Pulau Berhala.

Walaupun Pulau Berhala merupakan pulau terluar di Indonesia, wisatawan juga dapat menikmati fasilitas yang tersedia disini. Saat ini, sudah terdapat fasilitas berupa resort, arena pemancingan, wahana permainan laut, hingga hotel. Pada tahun 2017, Presiden Joko Widodo menetapkan Pulau Berhala sebagai bagian dari 111 pulau kecil berstatus pulau-pulau kecil terluar. Penetapan ini tercantum dalam Keppres Nomor 6 Tahun 2017 Tentang Penetapan Pulau – Pulau Kecil Terluar.

 

(riz/riy)

Leave a Reply