Cetak Sejarah! Empat Atlet Indonesia Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Cetak Sejarah! Empat Atlet Indonesia Lolos ke Olimpiade Paris 2024
Foto: CNN

FYPMedia.id – Kemeriahan Olimpiade Musim Panas 2024 yang akan berlangsung di Paris, Prancis, semakin dekat, dan Indonesia telah mengukuhkan kehadiran empat atlet berkualitas yang akan mewakili negara ini dalam ajang olahraga terbesar di dunia itu. Keempat atlet tersebut berhasil melewati serangkaian ujian berat dan prestasi gemilang mereka di berbagai ajang kompetisi.

Arif Dwi Pangestu adalah wakil Indonesia pertama yang memastikan tiket ke Olimpiade Paris 2024. Prestasinya yang luar biasa terjadi ketika Arif berhasil mencapai babak semifinal Kejuaraan Dunia 2023 pada awal Agustus lalu. Kejutan terjadi saat dia mengalahkan juara bertahan asal Korea Selatan, Kim Woo Jin, sebelum akhirnya tersingkir di babak semifinal oleh wakil Kanada, Peters Eric. Arif membuktikan dirinya sebagai salah satu pemanah terbaik di dunia dan akan mewakili Indonesia dengan bangga di Olimpiade Paris.

Diananda Choirunisa menjadi atlet panah Indonesia kedua yang berhasil meraih tiket Olimpiade 2024. Keberhasilannya ini datang setelah Diananda dan pasangannya, Riau Ega Agatha, meraih medali perunggu dalam nomor ganda campuran recurve Asian Games 2023. Tiket ke Olimpiade Paris milik Diananda karena pasangan medali emas Asian Games, Lim Sihyeon dan Lee Wooseok, sudah lolos ke Olimpiade Paris dalam nomor tunggal. Diananda adalah salah satu atlet muda berbakat yang akan menampilkan kemampuannya di panggung Olimpiade.

Indonesia juga mencatat sejarah dengan mengirimkan atlet senam pertama ke Olimpiade. Rifda Irfanaluthfi, yang berpartisipasi dalam ajang World Artistic Gymnastics Championship di Antwerp, Belgia pada awal Oktober 2023, berhasil memastikan tiket untuk Olimpiade Paris 2024. Prestasinya menjadi lebih istimewa karena tuan rumah, Prancis, memberikan kuota realokasi yang memungkinkan Rifda untuk tampil di Olimpiade. Rifda Irfanaluthfi adalah pesenam Indonesia pertama yang akan meramaikan panggung Olimpiade.

Sementara itu, atlet panjat tebing Desak Made Rita Kusuma Dewi adalah wakil Indonesia keempat yang telah dinyatakan lolos ke Olimpiade Paris 2024. Rita memastikan diri dengan prestasi luar biasa sebagai yang tercepat di nomor speed putri pada turnamen Piala Dunia Panjat Tebing 2023 seri Bern, Swiss, pada 11 Agustus 2023. Dia juga menjadi atlet putri Indonesia pertama yang akan mewakili negara ini di Olimpiade Paris.

(Rin)

Leave a Reply