Aktivitas Penerbangan Di BIM Terhenti Sementara Imbas Abu Vulkanik Erupsi Gunung Merapi

Aktivitas Penerbangan Di BIM Terhenti Sementara Imbas Abu Vulkanik Erupsi Gunung Merapi
Sumber Gambar : liputan6.com

Penulis : Muhammad Yanda 

FYPMEDIA.ID – Aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Minang Kabau (BIM) terhenti sementara imbas abu vulkanik dari gunung merapi “Benar, terhitung pukul 16.00 WIB hingga 22.00 WIB penerbangan ditutup karena gangguan abu vulkanik erupsi Gunung Marapi,” kata Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II BIM, Indrawansyah di Padang Pariaman, Jumat (22/12).

Menurut Indrawansyah sendiri, penutupan Bandar Internasional Minangkabau tersebt bisa saja berubah tergantung kondisi sebaran Abu Vulkanik dari Erupsi Gunung Merapi Tersebut. Pihak Bandar Internasional Minang Kabau (BIM) juga akan terus ber koordinasi dengan BMKG terkait rekomendas yang di keluarkan. “Tergantung rekomendasi BMKG. Kita lihat perkembangannya. Nanti diumumkan kembali informasi selanjutnya,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Minangkabau Yudha Nugraha membenarkan, wilayah di sekitar bandara tersebut terdampak abu vulkanik.

Yudha mengatakan, hasil rapat bersama dengan pihak otoritas bandara serta pemangku kepentingan lainnya, penutupan bandara ditujukan agar tidak membahayakan mesin pesawat, akibat abu vulkanik.

Petugas Pengamatan Gunung Merapi, Teguh,  Mengatakn PVMBG menyarankan, masyarakat di sekitar Gunung Marapi untuk menggunakan masker, guna menghindari infeksi saluran pernapasan akut (Ispa) akibat paparan abu vulkanik.

“Rekomendasi ini untuk menghindari ispa maupun gangguan kesehatan lainnya yang disebabkan abu vulkanik Gunung Marapi,” Tambahnya.

 

KLIK DISIN UNTUK MEDAPATKAN INFORMASI  TERBARU DAN TER UPDATE LAINNYA

Comments are closed.