4 Tips Mencari Pekerjaan Pertama Kamu

4 Tips Mencari Pekerjaan Pertama Kamu

FYPMEDIA.ID – Pekerjaan pertama merupakan langkah awal yang penting dalam memasuki dunia kerja bagi setiap individu. Meskipun sering kali dianggap sebagai tahap yang sederhana atau hanya sebagai penghasilan tambahan, tetapi pekerjaan pertama memiliki nilai dan manfaat yang sangat besar dalam membangun fondasi karier seseorang.

Mengapa pekerjaan pertama yang bagus harus diperjuangkan dengan sungguh-sungguh? Karena efeknya bisa panjang. Saat perusahaan mencari staf yang sudah berpengalaman dan harus membaca surat lamaran dan CV, pekerjaan pertama di perusahaan yang bagus akan menarik perhatian pihak rekruter. Berikut beberapa tip untuk kamu sebagai pemula atau fresh graduate dalam mencari pekerjaan pertama yang dapat membantu karier kamu selanjutnya!

  • Nilai/IPK

Jika ada perkataan bahwa nilai IPK tidak menjamin kamu sukses, memang betul IPK tidak menjamin seseorang akan sukses, apalagi jika memilih jalur menjadi pengusaha. Namun, IPK sangat membantu mendapatkan pekerjaan pertama di perusahaan yang bagus. Pekerjaan pertama bisa menunjang perjalanan karier kamu selanjutnya! Jadi, secara tidak langsung, IPK juga berperan di dalam kesuksesan kita.

  • Penguasaan bahasa Inggris

Seberapa penting sih menguasai bahasa Inggris dalam mencari pekerjaan kamu? Ternyata penting banget loh karena bahasa Inggris yang bagus dapat membuka opsi pekerjaan yang lebih banyak. Option is power, memiliki pilihan (lebih banyak) adalah sebuah kekuatan. Dengan bahasa Inggris yang baik kamu bisa membuka opsi berkarier di perusahaan asing. Apalagi perusahaan asing multinasional yang biasa berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

  • Agresif mencari informasi pekerjaan¬†

Dengan adanya akses internet yang semakin mudah, kamu tidak bisa berpangku tangan menanti lowongan pekerjaan yang bagus. Bahkan, dengan prestasi yang bagus pun kamu tidak bisa bersikap seperti putri yang menuntut agar perusahaan datang untuk meminangmu. Perlu diingat bahwa mencari pekerjaan adalah sebuah kompetisi, apalagi mencari pekerjaan yang bagus di perusahaan yang bonafide.

  • Prioritaskan perusahaan yang bagus, baru job description yang sesuai

Terkadang, tawaran pekerjaan tidak datang sesuai dengan yang kita harapkan. Bisa jadi kita mendapatkan tawaran dari perusahaan besar, bonafide, dengan pelatihan yang bagus, tetapi pekerjaan yang ditawarkan tidak ideal dengan apa yang kita harapkan. Misalnya, kamu ingin masuk bagian penjualan, tetapi ditawarkan menjadi bagian komunikasi. Diambil atau ditolak? Ambil dulu! Mendapatkan akses masuk ke perusahaan yang bagus sangat sulit. Jadi, jangan terlalu idealis semuanya harus perfect. Selain itu, belum tentu lho kamu tidak menyenangi pekerjaan yang ditawarkan. Beberapa perusahaan menawarkan pekerjaan tertentu berdasarkan tes yang menentukan kecocokan jabatan tersebut. Jadi, jenis pekerjaan yang kamu pikir tidak kamu sukai sebenarnya paling cocok dengan skill yang kamu miliki.

Dengan memperjuangkan pekerjaan pertama yang bagus, kita tidak hanya membangun fondasi karier yang solid, tetapi membuka pintu untuk kesempatan yang lebih luas di masa depan. Ingatlah, setiap langkah awal kita dapat memberikan dampak jangka panjang yang signifikan dalam meraih kesuksesan karier.

Comments are closed.