11 Istilah Rekrutmen yang Wajib Diketahui

istilah
Foto: Pinterest

FYPMEDIA.ID – Istilah dunia bisnis dan sumber daya manusia dalam proses rekrutmen memegang peranan penting untuk membangun fondasi perusahaan yang kuat. Rekrutmen tidak hanya sekadar mencari kandidat untuk mengisi posisi kosong, tetapi juga strategi kompleks yang melibatkan berbagai teknik dan pendekatan untuk menarik talenta terbaik. Memahami terminologi yang sering digunakan dalam rekrutmen dapat membantu Anda tidak hanya mengerti proses ini lebih dalam, tetapi juga meningkatkan kemampuan Anda dalam menavigasi dan mengoptimalkan proses rekrutmen. Berikut 11 istilah rekrutmen yang wajib diketahui.

Sourcing

Sourcing berupa aktivitas untuk merekrut karyawan yang melibatkan tim rekrutmen internal, agensi, atau dari sumber daya profesional yang lainnya.

Outsourcing

Outsourcing merujuk pada aktivitas perusahaan yang merekrut kandidat karyawan dengan bantuan dari pihak luar untuk mengisi posisi tertentu.

Phone Interview

Sejumlah perusahaan biasanya menggunakan phone interview untuk melakukan follow up kepada kandidat karyawan yang menjanjikan. Istilah phone interview biasanya digunakan oleh seorang rekruter untuk menginformasikan pada kandidat karyawan bahwa wawancara melalui telepon bisa saja menjadi salah satu opsi.

Company Culture

Company culture berupa elemen yang ada di perusahaan seperti visi misi, lingkungan kerja, workflow, maupun etika. Company culture atau budaya perusahaan sering kali ditanyakan oleh rekruter saat interview. Tujuannya agar rekruter bisa melihat seberapa cocoknya kandidat karyawan dengan budaya perusahaan.

Cultural Fit

Cultural fit adalah istilah rekrutmen untuk menunjukkan kecocokan antara kandidat karyawan dengan company culture. Umumnya rekruter akan merekrut kandidat yang sejalan dengan company culture.

Retention

Retention mengacu pada usaha perusahaan dalam menjaga hubungan kerja dengan karyawannya agar merasa senang dan betah bekerja di lingkungan perusahaan.

Assessment Test

Assessment test merupakan suatu tes atau ujian yang membantu rekruter untuk menilai kemampuan kandidat karyawan dan seberapa bagus kinerja kandidat untuk mengisi posisi yang dibutuhkan perusahaan.

On Boarding

On boarding merupakan aktivitas dalam mempersiapkan karyawan baru untuk bergabung dengan perusahaan. Biasanya pihak perusahaan akan membantu karyawan baru untuk beradaptasi di tempat kerja dengan cara pengenalan perusahaan, pelatihan karyawan hingga orientasi kerja.

Hands On

Istilah rekrutmen hands on biasanya digunakan oleh rekruter untuk memberikan informasi mengenai suatu pekerjaan dan tanggung jawab yang mengharuskan kandidat karyawan terlibat secara langsung.

Background Check

Background check merupakan istilah dalam rekrutmen yang digunakan untuk memeriksa latar belakang kandidat karyawan yang bertujuan untuk memastikan informasi yang diberikan oleh kandidat adalah benar dan kredibel.

Job Offer

Job offer adalah tawaran resmi dari perusahaan kepada kandidat karyawan yang telah berhasil melewati proses rekrutmen hingga akhir dan dipilih untuk mengisi posisi yang sedang dibutuhkan. Job offer umumnya berisi informasi mengenai gaji, tunjangan dan berbagai persyaratan kerja lainnya.

Memahami berbagai istilah dalam rekrutmen bukan hanya memperkaya pengetahuan, tetapi juga meningkatkan efektivitas dalam menarik dan mengelola talenta yang tepat untuk organisasi. Dengan berbekal pemahaman ini, individu dan perusahaan dapat mengoptimalkan strategi rekrutmen sehingga mempercepat proses penyesuaian karyawan baru, dan menyokong pertumbuhan serta keberhasilan jangka panjang. Teruslah belajar dan mengadaptasi pendekatan baru dalam rekrutmen untuk menjawab tantangan yang dinamis di dunia kerja saat ini.

Comments are closed.